KELAS : 3EA29
NPM : 13213250
Kepribadian Nilai dan Gaya hidup
Ø Pengertian
Kepribadian
Kepribadian adalah karakteristik psikologis seseorang yang
menentukan dan merefleksikan bagaimana seseorang merespon lingkungannya
(Schiffman dan Kanuk,2000). Berdasarkan definisi ini maka bias disimpulkan
bahwa yang ditekankan adalah karakter-karakter internal termasuk didalamnya
berbagai atribut,sifat,tindakan yang membedakan dengan orang lain. Secara
praktis konsep kepribadian dapat didefinisikan sebagai seperangkat pola
perasaan,pemikiran dan perilaku yang unik yang menjadi standar respon konsumen
untuk berbagai situasi.
Pola ini memiliki beberapa ciri khas
yaitu :
· Mencerminkan perbedaan individu
· Konsisten
· Psikologis dan fisiologi
· Kepribadian dapat berubah
· Kepribadian berinteraksi dengan
situasi
Ø Nilai-Nilai Individu
Nilai (value)
merupakan kata sifat yang selalu terkait dengan benda, barang, orang atau
hal-hal tertentu yang menyertai kata tersebut. Nilai adalah sebuah konsep
yang abstrak yang hanya bisadipahami jika dikaitkan dengan benda, barang,
orang atau hal-hal tertentu. Pengkaitan nilai dengan hal-hal tertentu itulah
yang menjadikan benda, barang atau hal-hal tertentu dianggap memilikimakna atau
manfaat. Benda purbakala dianggap bernilai karena berguna bagi generasi
penerusuntuk mengetahui sejarah masa lampau kita. Video tape recorder,
meski secara teknis kondisinyamasih baik, dianggap manfaatnya sudah hilang
karena sudah susah mengoperasikannya mengingat kaset yang seharusnya menjadi
komplemen video tape tersebut tidak bisa lagi diperoleh dipasaran,
semuanya tergantikan oleh VCD. Dengan demikian yang dimaksudkan dengan nilai
adalah prinsip, tujuan, atau standar sosial yang dipertahankan oleh
seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) karena secara intrinsik mengandung
makna.Definisi diatas bukanlah satu-satunya definisi nilai karena setiap
disiplin ilmu yangberkepentingan terhadap konsep nilai memberikan definisi yang
berbeda. Sebagai contoh, MiltonRokeach mengatakan bahwa nilai (values) adalah
keyakinan abadi (enduring belief) yang dipilih oleh seseorang
atau sekelompok orang sebagai dasar untuk melakukan suatu kegiatantertentu
(mode of conduct) atau sebagai tujuan akhir tindakannya (end state of
existence). Daripengertian ini Rokeach kemudian membedakan nilai
menjadi duayaitu Terminal valuesdan instrumental values. Sementara itu
Robin Williams Jr. menjelaskanbahwa values bukan hanya berfungsi sebagai
kriteria atau standar untuk melakukan tindakan tetapi juga befungsi
sebagai kriteria atau standar untuk melakukan penilaian, menentukan pilihan,
bersikap,berargumentasi maupun menilai performance. Kedua definisi tsb
menegaskan bahwa pilihanseseorang atau sekelompok orang atas beberapa
pilihan lainnya yang didasarkan pada suatu kriteriatertentu akan menjadikan
pilihan tersebut sebagai keyakinan abadi.Penjelasan diatas secara tidak
langsung menegaskan bahwa nilai cenderung bersifatpermanen. Artinya sekali
seseorang telah menentukan pilihan terhadap satu nilai tertentu
Ø Konsep
gaya hidup dan pengukurannya
Konsep dari sebuah gaya hidup adalah menggambarkan
“keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya
hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di
dunia. Secara umum dapat diartikan sebagai suatu gaya hidup yang dikenali
dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang penting
orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan
tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini). Gaya hidup adalah perilaku
seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang
berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya. Psikografi
adalah variabel-variabel yang digunakan untuk mengukur gaya hidup. Bahkan
sering kali istilah psikografi dan gaya hidup digunakan secara bergantian.
Beberapa variabel psikografi adalah sikap, nilai, aktivitas, minat, opini, dan
demografi.
Teori
sosio-psikologis melihat dari variabel sosial yang merupakan determinan yang
paling penting dalam pembentukan kepribadian. Teori faktor ciri, yang
mengemukakan bahwa kepribadian individu terdiri dari atribut predisposisi yang
pasti yang disebut ciri (trait).
Konsep
gaya hidup konsumen sedikit berbeda dari kepribadian. Gaya hidup terkait dengan
bagaimana seseorang hidup, bagaimana menggunakan uangnya dan bagaimana
mengalokasikan waktu mereka. Kepribadian menggambarkan konsumen lebih kepada
perspektif internal, yang memperlihatkan karakteristik pola berpikir, perasaan
dan persepsi mereka terhadap sesuatu.
Ada 3 Faktor yang mempengaruhi Gaya Hidup Konsumen :
a.
Kegiatan yaitu bagaimana konsumen
menghabiskan waktunya.
b.
Minat yaitu tingkat keinginan atau
perhatian atas pilihan yang dimiliki konsumen.
c.
Pendapat atau pemikiran yaitu
jawaban sebagai respon dari stimulus dimana semacam pertanyaan yang diajukan.
Ø Pengukuran Ganda Terhadap Perilaku
Pengukuran ganda perilaku individu digunakan di dalam
analisis perilaku konsumen.Kepribadian mempunyai efek atas pembelian, namun
gaya hidup memiliki efek yang lebih besar.Tentu saja sumber daya seperti
pendapatan dan waktu juga memberikan efek yang penting. Ancangan elektrik
terhadap gaya hidup adalah yang paling praktis untuk mengembangkan
strategi pemasaran.Tujuannya adalah mengerti konsumen sebaik mungkin
Referensi
munazulhijah.blogspot.com/.../kepribadian-nilai-dan-gaya-hidup.html
https://www.wikipedia.org/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar