Kamis, 26 November 2015

SEGMENTASI PASAR

Nama : Farina Wijayanti
Kelas 3EA29
NPM 13213250 


Segmentasi pasar

Ø  Pengertian segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

Ø  Syarat syarat segmentasi pasar yang aktif
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
  • Dapat diukur
  • Dapat dicapai
  • Cukup besar atau cukup menguntungkan
  • Dapat dibedakan
  • Dapat dilaksanakan

Ø  Jenis Segmentasi Pasar

Menurut Assauri (2000:164), membedakan segmentasi pasar menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu :
·        Segmentasi pasar yang tidak membeda-bedakan pasar (undifferented market). Dengan segmen ini, perusahaan menganggap pasar sebagai suatu keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan konsumen secara umum. Oleh Karena itu perusahaan hanya menghasilkan dan memasarkan satu macam produk saja, dan berusaha menarik semua pembeli dan calon pembeli dengan satu rencana pemasaran saja.

·        Segmentasi pasar yang membeda-bedakan pasar (differented market). Dengan segmen ini, perusahaan hanya melayani kebutuhan beberapa kelompok konsumen tertentu. Perusahaan menghasilkan dan memasarkan produk yang berbeda-beda untuk setiap segmen pasar. Dengan kata lain, perusahaan menawarkan berbagai variasi produk campuran, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen yang berbeda-beda, dengan program pemasaran yang tersendiri diharapkan dapat dicapai tingkat penjualan yang tertinggi dalam masing-masing segmen pasar.

·        Segmentasi pasar yang terkonsentrasi (concentrated market). Dengan segmen ini, perusahaan mengkhususkan pemasaran produknya  dalam beberapa segmen pasar, dengan pertimbangan sumber daya perusahaan. Dalam hal ini perusahaan produsen memilih segmen pasar tertentu dan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen yang ada pada segmentasi pasar tertentu yang tentunya lebih spesifik.

Kemudian oleh Lupiyoadi (2001-37), membagi pasar berdasarkan beberapa segmen, yang terdiri atas 5 (lima) jenis, yaitu -
·        Segmentasi demografi, melibatkan faktor seperti jenis kelamin, usia, ukuran keluarga, dan lain sebagainya. Sedangkan variable sosial ekonomi terdiri dari pendapatan, pendidikan, kelas sosial, dan etnik.
·        Segmentasi psikografis, memperhatikan pada tingkah laku masyarakat dan gaya hidup yang dianut, tidak dapat dibuat penjelasan dalam ukuran kuantitatif.
·        Segmentasi geografi, secara tipikal dimensi segmentasi geografi dikelompokkan atas faktor ruang lingkup pasar, termasuk pertim-bangan dimana operasi perusahaan akan dilakukan, dan pengukuran pasar geografis, di mana di dalamnya pengujian tingkat kepadatan penduduk, faktor iklim yang berpengaruh, dan standarisasi area pasar.
·        Segmentasi benefit, diasumsikan bahwa manfaat yang dicari konsumen dari produk adalah alasan utama yang mendasari mereka untuk membeli produk.
·        Segmentasi penggunaan, memfokuskan pada tipe dan batasan penggunaan.

Ø  Tujuan Segmentasi Pasar

Menurut Hasymi (2000:96), bahwa tujuan segmentasi pasar adalah:
·        Volume penjualan yang dinyatakan dalam nilai uang atau unit.
·        Porsi pasar (market share) yang dinyatakan dalam prosentase dari total pasar untuk suatu produk atau jasa-jasa.
·        Laba, yang dinyatakan sebagai pembelian atas investasi.

Analisis Demografi

Demografi adalah uraian tentang penduduk terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian, dan migrasi. Demografi meliputi studi ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana faktorfaktor ini berubah.
Analisis yang dilakukan meliputi :

·        Pertumbuhan populasi dunia
·        Bauran umur populasi
·        Kelompok pendidikan
·        Pola rumah tangga
·        Pergeseran geografis dalam populasi
·        Perusahaan yang berhasil biasanya mengenali dan menanggapi kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi dengan mendapatkan laba dari aktifitas pemasaran yang di lakukan oleh marketer. Perusahaan mendapatkan laba yang sangat besar jika mereka dapat memanfaatkan fenomena yang terjadi dalam faktor demografi dengan baik. Di lain sisi, perusahaan juga harus mampu meminimalisir resiko dan ancaman yang timbul dari faktor demografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar