KELAS : 3EA29
NPM : 13213250
Pengaruh Situasi
Pengaruh situasional dalam
konsumen adalah faktor personal dan lingkungan sementara yang muncul pada saat
aktifitas konsumen, sehingga situasi konsumen meliputi faktor-faktor seperti :
melibatkan waktu dan tempat dimana aktifitas konsumen terjadi, mempengaruhi
tindakan konsumen seperti perilaku pembelian, dan tidak termasuk karakteristik
personal yang berlaku dalam jangka panjang. Situasi konsumen relatif merupakan
kejadian jangka pendek dan harus dibedakan dengan lingkungan makro atau
faktor-faktor personal yang memiliki jangka waktu lama .
Ø Tipe Situasi Konsumen
1. Situasi Komunikasi2. Situasi Pembelian
3. Situasi Pemakaian
·
Situasi Komunikasi
Situasi
Komunikasi adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi
atau melakukan komunikasi. Komunikasi yg dilakukan bisa bersifat pribadi atau
nonpribadi. Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
1. Komunikasi lisan dengan teman,
kerabat, tenaga penjual, atau wiraniaga.2. Komunikasi non pribadi, seperti iklan TV, radio, internet, koran, majalah, poster, billboard, brosur, leaflet dsb.
3. Informasi diperoleh langsung dari toko melalui promosi.
·
Situasi Pembelian
Situasi
Pembelian adalah lingkungan atau suasana yang dialami / dihadapi konsumen
ketika membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan mempengaruhi pembelian.
Misal: ketika konsumen berada di bandara, ia mungkin akan bersedia membayar sekaleng Coke berapa saja harganya ketika haus. Sebaliknya, jika ia berbelanja Coke di swalayan dan mendapatkan harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga. Konsumen tersebut mungkin akan menunda pembelian Coke dan mencari di tempat lain
Tiga Tipe Situasi PembelianMisal: ketika konsumen berada di bandara, ia mungkin akan bersedia membayar sekaleng Coke berapa saja harganya ketika haus. Sebaliknya, jika ia berbelanja Coke di swalayan dan mendapatkan harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga. Konsumen tersebut mungkin akan menunda pembelian Coke dan mencari di tempat lain
• Straight Rebuy : pembelian dilakukan secara teratur seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, tanpa modifikasi.
• Modified Rebuy : pembelian dengan melakukan modifikasi (perubahan) spesifikasi produk, harga persyaratan pengantaran dan syarat-syarat lainnya.
• New Task : pembelia membeli produk jasa untuk pertama kali. Di sini dibutuhkan lebih banyak informasi, lebih banyak orang terlibat dan waktu yang lebih panjang untuk membuat keputusan.
Situasi Pemakaian
Misal:
konsumen muslim sering memakai kopiah dan pakaian takwa pada saat shalat atau
pada acara keagamaan. Kebaya akan dipakai kaum wanita pada acara pernikahan
atau acara resmi lainya, dan jarang digunakan untuk pergi bekerja. Para
produsen sering menggunakan konsep situasi pemakaian dalam memasarkan
produknya, produk sering diposisikan sebagai produk untuk digunakan pada
situasi pemakaian tertentu. Misalnya, ada pakaian resmi untuk ke pesta, pakaian
olahraga, pakaian untuk kerja, pakaian untuk santai dan berolahraga.
Ø Interaksi Individu dengan Situasi
Memahami
serta menganalisis pengaruh situasi dalam proses pembelian barang , banyak dan
konsumen yang di pengaruhi oleh variasi dari situasi lain yang sesuai dengan
keadaan mereka saat itu. Belum tentu saat orang lain menggunakan produk A saat
ia berjemur di pantai tapi bisa saja orang lain menggunakan produk A sebagai
lotion untuk ke kantor atau kemanapun ia pergi tidak harus saat berjemur saja.
Jadi penggunaan produk tertentu tidak hanya pada satu situasi saja tapi bisa
untuk situasi lain untuk orang lain.
Ø Pengaruh Situasi yang Tidak Terduga
Bagaimana
seseorang mengerti akan potensi dari pengaruh situasi yang tak terduga yang
dapat merusak keakuratan ramalan yang didasarkan pada maksud pembelian, yang
tadinya dia tidak mau embeli barang tapi karena suatu hal jadi membeli
barang tersebut. Contoh : saat jalan ke pusat perbelanjaan, ayah melihat ingin
membeli baju baru padahal awalnya mereka ke pusat perbelanjaan hanya untuk
belanja bulanan.
Referensi
https://sycintyacitradenanda.wordpress.com/.../tugas-softskill-3-perilaku-konsumen-pengaruh-situasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar